Selasa, 25 Oktober 2011

SMPN 4 Magetan Menuju Sekolah Adiwiyata

SMP Negeri 4 Magetan
Sekolah  Berwawasan  Lingkungan
    Sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah, SMP Negeri 4 Magetan menempatkan dirinya sebagai sekolah yang berwawasan lingkungan.  Sedangkan konsep Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di SMP Negeri 4 Magetan adalah bagian integral dari proses pendidikan dasar dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, nilai dan sikap, kepedulian, keterampilan dan pengalaman serta komitmen terhadap setiap permasalahan lingkungan hidup, mencegah, menanggulangi kerusakan dan pencemaran serta melindungi dan melestarikan fungsi lingkungan yang tercermin dalam perilaku baik di tempat kerja/sekolah maupun masyarakat.


      Selanjutnya tujuan dari implementasi Sekolah Berwawasan Lingkungan (SBL) di SMP Negeri 4 Magetan antara lain adalah meningkatkan wawasan dan kepedulian seluruh warga sekolah akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup, meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya, meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi, dan menciptakan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
   Tidak hanya keselarasan lingkungan sekolah dengan pohon perindang atau taman-taman kecil yang menyejukkan namun juga bagaimana SMP Negeri 4 Magetan mampu menyelaraskan hubungan materi pembelajaran dengan praktek pembelajaran ramah lingkungan. Sehingga dalam prakteknya Pendidikan Ling- kungan Hidup (PLH) merupakan bagian yang terintegrasi dalam proses pendidikan di SMP Negeri 4 Magetan dan integrasi PLH tersebut dilaksanakan pada semua mata pelajaran dan aktivitas sekolah. Tidak mengubah kurikulum namun terintegrasi ke dalam kurikulum. Tidak menambah mata pelajaran dan materi baru tetapi sudah terkandung di dalam proses pembelajaran. Bukan diarahkan pada aspek kognitif semata tetapi lebih diarahkan pada aspek afektif yang tercermin pada perilaku sehari-hari seluruh komponen sekolah.
  Misalnya bagaimana para siswa  menerapkan penanaman dan pembudidayaan tanaman apotek hidup di lahan kosong di lingkungan sekolah atau kegiatan-kegiatan lingkungan hidup yang lain.   Selain mengintegrasikan PLH dalam kegiatan seperti contoh di atas, pendekatan PLH juga diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan dalam kehidupan sekolah berbudaya lingkungan. 
        Dalam kegiatan ekstrakurikuler, materi PLH diarahkan pada pembentukan sikap kepribadian siswa yang berwawasan lingkungan, seperti penanaman pohon, pengelolaan sampah dan pembahasan issu aktual tentang lingkungan hidup. Sedangkan dalam kehidupan sekolah berbudaya lingkungan, penyusunan program PLH secara menyeluruh tercermin dalam sikap dan perilaku warga sekolah, sarana prasarana pendukung PLH serta iklim sekolah berwawasan lingkungan.
   Selain itu indikator keberhasilan penerapan Sekolah Berwawasan Lingkungan (SBL) lainnya yakni penyediaan dan pemanfaatan informasi lingkungan hidup berupa poster, slogan, peraturan dan lain-lain. Atau “sekedar” mengelola sumber daya secara bijaksana, yakni dalam penghematan air, listrik, kertas, dan sebagainya. Selain itu sekolah juga dapat menjalin kerjasama dengan institusi yang peduli terhadap lingkungan, misalnya penyampaian issu PLH berkerjasama dengan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) atau lembaga-lembaga lain. 
   Untuk prestasi dalam bidang  lingkungan sehat, SMP Negeri 4 Magetan mendapat juara Lomba Pemberantasan Sarang Nyamuk Tingkat Jawa Timur.  SMP Negeri 4 Magetan mencoba konsisten dan berkomitmen untuk menciptakan sekolah asri, bersih, sehat dan aman bagi warga sekolah. 
   Penerapan green school, pengintegrasian beberapa mata pelajaran dengan konsep PLH serta melakukan upaya-upaya sederhana dalam membangun kepedulian dan kesadaran warga sekolah semaksimal mungkin terus ditingkatkan oleh SMP Negeri 4 Magetan, bukan saja untuk sebuah penghargaan semata, namun lebih dari itu kesehatan, keamanan dan kenyamanan warga sekolah untuk sebuah pendidikan yang berkualitas.
Semoga !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar